http://sisfora.pekalongankab.go.id/assets/laporan/ https://jdih.sumbawakab.go.id/ https://perpus.pn-wates.go.id/ situs slot https://bpbjsetda.lumajangkab.go.id/sertifikat/kay/ https://siat.unpad.ac.id/eoffice2020/uploads/ https://siat.unpad.ac.id/eoffice2020/uploads/
Kantor Polisi Unik Di Berbagai Negara

Daftar Kantor Polisi Terunik di Dunia

Share this:

Pos polisi sering kali ditemui dengan bentuk konstruksi yang sama, tapi ternyata pos polisi di berbagai negara memiliki keunikan tersendiri. Pos polisi menampilkan desain yang unik dan inovatif, mencerminkan karakteristik lokal serta kebutuhan fungsional. Berikut adalah beberapa contoh pos polisi dengan arsitektur yang unik

1. Stasiun Polisi Passau, Jerman

Passau Police Station

Sumber : Dezeen.com

Stasiun Polisi Passau di Jerman, yang dirancang oleh Wulf Architekten, merepresentasikan perpaduan antara kekuatan dan keeleganan melalui arsitekturnya. Struktur ini mencerminkan pendekatan modern dalam desain stasiun polisi, dengan memanfaatkan elemen arsitektural yang menonjol dan bahan bangunan yang dipilih secara khusus untuk menambah keindahan visual sekaligus memenuhi fungsi keamanan dan operasional. Bangunan ini menampilkan fasad yang unik dengan warna dan tekstur yang memberikan kesan tegas namun terbuka, menciptakan lingkungan kerja yang baik untuk petugas dan menyambut komunitas dengan tangan terbuka. Desainnya yang inovatif tidak hanya berfokus pada estetika tetapi juga pada kenyamanan dan keberlanjutan, menunjukkan bagaimana arsitektur dapat mempengaruhi persepsi publik terhadap institusi kepolisian​.

2. Kepolisian Lisbon, Portugal

Sumber : Dezeen.com

Kepolisian Lisbon, dirancang oleh Saraiva + Associados, menampilkan keunikan arsitektural melalui formasi ireguler dari volume geometris dan ruang kosong. Pendekatan ini tidak hanya mengurangi skala bangunan untuk lebih menyatu dengan lingkungan urban, tetapi juga menciptakan fasad geometris monokrom yang membedakannya. Penggunaan bentuk dan ruang ini bertujuan untuk memecahkan persepsi tradisional bangunan kepolisian, sekaligus mempromosikan transparansi dan keterbukaan. Desain tersebut mencerminkan visi modern kepolisian yang lebih terintegrasi dan dapat diakses oleh masyarakat.

3. Stasiun Polisi Xixona, Spanyol

Sumber : Dezeen.com

Stasiun Polisi Xixona, yang dirancang oleh arsitek Daniel Martí dan Natàlia Ferrer, menonjol karena pendekatan arsitekturalnya yang unik, memadukan transparansi dengan privasi melalui penggunaan dinding aluminium berlubang. Desain ini memungkinkan cahaya alami membanjiri interior, sambil memberikan kesan kedalaman dan dimensi. Penggunaan material ini tidak hanya berfungsi sebagai elemen estetika tetapi juga sebagai sarana untuk mengintegrasikan bangunan dengan lingkungannya, menciptakan dialog antara ruang dalam dan luar. Melalui desainnya, Stasiun Polisi Xixona menjadi lebih dari sekadar tempat kerja; ia menjadi landmark komunitas yang menawarkan keterbukaan dan aksesibilitas, mengundang partisipasi dan interaksi publik.

4. South Australian Police Stations (Roxby Downs and Murray Bridge)

Roxby Downs Police Station, Photo: Aldo Trissi

Stasiun Polisi di Australia Selatan, khususnya Roxby Downs dan Murray Bridge, yang didesain oleh Greenway Architects, menampilkan pendekatan arsitektural yang unik yang menyeimbangkan antara keamanan dan keterbukaan. Di Roxby Downs, bangunan ini dirancang untuk menghadapi variasi suhu ekstrem dengan mengadopsi estetika regional yang kuat, sementara Murray Bridge menggunakan kombinasi beton precast hitam mengkilap, blok beton mentah, dan kaca untuk menciptakan transparansi visual tidak langsung.

Penggunaan konstruksi prefabrikasi untuk membangun pos polisi bukan hanya efisien dari segi waktu dan biaya, tapi juga memberikan ruang bagi kreativitas dalam desain. Teknologi prefabrikasi memungkinkan pembangunan yang lebih cepat, kontrol kualitas yang lebih baik, dan pengurangan limbah konstruksi. Dengan pendekatan yang inovatif, pos polisi prefab bisa dirancang untuk tidak hanya nyaman dan fungsional bagi petugas, tetapi juga menjadi landmark arsitektur yang unik. Fleksibilitas dalam pemilihan material dan adaptabilitas desain prefab membuka kemungkinan untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman dan aman. Bangun pos polisi prefab yang unik dan nyaman dengan ErgaPods AMODA.

Bangunan Biasa atau Prefab? Mana yang paling Efektif?
6 Toilet Terunik di Dunia, No. 5 Bikin Anda Tercengang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close My Cart
Close

Close
Navigation
Categories
[metaslider id="4480"]

[metaslider id="3994"]