http://sisfora.pekalongankab.go.id/assets/laporan/ https://jdih.sumbawakab.go.id/ https://perpus.pn-wates.go.id/ situs slot https://bpbjsetda.lumajangkab.go.id/sertifikat/kay/ https://siat.unpad.ac.id/eoffice2020/uploads/ https://siat.unpad.ac.id/eoffice2020/uploads/
5 Teknologi Unik Memindahkan Bangunan

Berencana Pindah Rumah atau Tempat Bisnis? Intip 5 Teknologi Ini, Unik & Out of The Box!

Share this:

Bayangkan bangunan seperti rumah, outlet, hingga gedung bertingkat bisa dipindahkan ke lokasi lain tanpa merusak bentuk aslinya. Terdengar tidak mungkin bukan? Tapi ternyata hal ini sudah terjadi di dunia konstruksi, pemindahan bangunan menjadi hal yang mungkin dan bisa dilakukan dan pastinya ini membantu pemilik bangunan dan pemilik bisnis untuk berpindah tempat sekaligus dengan bangunannya.

Pemindahan Bangunan Terunik di Dunia

Pemindahan bangunan adalah proses yang membutuhkan perencanaan yang cermat dan teknologi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa contoh pemindahan bangunan yang paling unik di dunia:

1. Bangunan Lima Lantai di Chongqing, Tiongkok: Bangunan ini dipindahkan melalui sungai menggunakan dua buah kapal. Proses ini menunjukkan bagaimana teknologi modern dapat digunakan untuk memindahkan struktur besar dengan sedikit gangguan pada lingkungan sekitarnya.

2. Rumah di Brownington, Amerika Serikat: Rumah ini dipindahkan ke lokasi baru yang berjarak 500 meter dengan ditarik oleh 40 ekor sapi. Ini adalah contoh bagaimana metode tradisional masih dapat digunakan dalam situasi tertentu.

3. Buchanan Mansion di Cedar County, AS: Bangunan ini terbuat dari bata dan berusia 125 tahun. Bangunan ini dipindahkan menggunakan teknologi pemindah yang terbuat dari lempengan-lempengan baja, mesin diesel, dan 140 roda. Teknologi ini dikontrol menggunakan joystick untuk memindahkan Buchanan Mansion ke lokasinya yang baru.

4. The Temple of Dendur di New York, AS: Kuil batu kecil ini dibongkar di Mesir, dan 642 potongannya dikirim ke AS di SS Concordia Star. Setelah tiba di New York, truk flatbed membawa potongan-potongan itu dari dermaga ke museum di Fifth Avenue.

5. London Bridge di Lake Havasu City, Arizona, AS: Jembatan ini dibongkar, setiap potongan batu dipetakan, dan keseluruhan struktur dikirim dengan kapal yang melintasi Terusan Panama menuju California. Dari Pelabuhan Long Beach, potongan-potongan jembatan dibawa dengan truk ke Arizona, di mana mereka dibangun kembali sesuai dengan rencana aslinya.

Tetapi mengapa kita harus mempertimbangkan pemindahan bangunan? Selain pelestarian sejarah, ada alasan lingkungan, seperti menghindari penghancuran bangunan yang masih layak guna, yang mengurangi limbah dan penggunaan sumber daya baru. Ada juga alasan praktis, seperti relokasi untuk menghindari bencana alam atau untuk memanfaatkan lokasi yang lebih baik.

Menariknya lagi, bangunan di Indonesia juga bisa dipindahkan. Dengan teknologi prefab, outlet bisnis, ruang meeting, mushola, toilet, hingga galeri marketing bisa dipindahkan. Hal ini yang diterapkan oleh ErgaPods AMODA, sebagai ruang multifungsi sifatnya fleksibel dan bisa dipindahkan, tentunya hal ini membantu pebisnis untuk merelokasi usaha jika dibutuhkan. Saatnya bangun tempat bisnis yang fleksibel disegala kondisi dengan ErgaPods.

 

Okupansi Rate +65% di 2024? Intip Tren Sukses Bisnis Penginapan Ala Luar Negeri!
5 Fasilitas Ini Dijamin Bikin Bisnis Penginapan Auto Full Booked! Nomor 5 Paling Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close My Cart
Close

Close
Navigation
Categories
[metaslider id="4480"]

[metaslider id="3994"]