http://sisfora.pekalongankab.go.id/assets/laporan/ https://jdih.sumbawakab.go.id/ https://perpus.pn-wates.go.id/ situs slot https://bpbjsetda.lumajangkab.go.id/sertifikat/kay/ https://siat.unpad.ac.id/eoffice2020/uploads/ https://siat.unpad.ac.id/eoffice2020/uploads/

6 Toilet Terunik di Dunia, No. 5 Bikin Anda Tercengang!

Share this:

Toilet umum sering kali menghadapi masalah kebersihan, keamanan, dan ketersediaan yang membuat banyak orang enggan menggunakannya. Masalah ini tidak hanya meresahkan pengguna tapi juga menjadi tantangan bagi pemerintah dan pengelola fasilitas publik. Di era modern, di mana kenyamanan dan kebersihan menjadi prioritas, masyarakat mengharapkan solusi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar tetapi juga menawarkan pengalaman yang lebih baik. Dengan bertambahnya kesadaran tentang pentingnya fasilitas umum yang bersih dan aman, terdapat tekanan yang semakin besar untuk mencari alternatif dan inovasi dalam desain toilet umum.

Dalam menghadapi kehidupan sehari-hari, masalah toilet umum menjadi salah satu keluhan yang sering terdengar dari masyarakat luas. Mulai dari isu kebersihan yang kurang terjaga, ketersediaan toilet yang tidak memadai di beberapa lokasi, hingga keamanan yang terkadang membuat pengguna merasa tidak nyaman. Masalah-masalah ini menciptakan kebutuhan mendesak akan solusi inovatif yang dapat mengatasi tantangan tersebut, tidak hanya dari sisi fungsionalitas tapi juga memberikan kenyamanan dan estetika, sehingga toilet umum bisa lebih dari sekadar tempat memenuhi kebutuhan biologis.

1.Centennial Park Amenities, Sydney, Australia

Sumber : Designcrucial.com

Terletak di Centennial Park, toilet ini merupakan hasil kerja dari Lahznimmo Architects yang berhasil menciptakan sebuah bangunan minimalis namun fungsional. Desainnya yang sederhana dan elegan memungkinkan bangunan ini beradaptasi dengan lingkungan alam sekitarnya tanpa mengganggu keindahan alam. Inovasi ini tidak hanya menawarkan solusi praktis untuk fasilitas umum tetapi juga memperkaya pengalaman estetik pengunjung taman​​.

2.Lobster Loos, Wellington, Selandia Baru

Lobster Loos, Wellington, Selandia Baru

Sumber : shutterstock.com

Lobster Loos adalah sebuah karya arsitektur publik yang tak hanya berfungsi sebagai toilet umum tapi juga sebagai objek wisata. Dirancang oleh Studio Pacific Architecture, toilet ini menarik perhatian dengan bentuknya yang unik menyerupai lobster, dicat dengan warna oranye cerah, dan berlokasi di kawasan waterfront Wellington yang berangin. Dengan biaya pembangunan sebesar NZ$375,000, toilet ini menegaskan komitmen kota terhadap desain inovatif dan fungsional​​.

3.Toilet di Rute Pemandangan Norwegia

Photo: Morfeus Arkitekter

Di sepanjang Rute Pemandangan Norwegia, terdapat berbagai toilet umum yang dirancang dengan mempertimbangkan lansekap alam sekitarnya. Dari Bukkekjerka Rest Stop di Andøya hingga Uredd Rest Area di Helgelandskysten, desain-desain ini menggunakan material dan bentuk yang harmonis dengan alam, menawarkan pengguna fasilitas modern tanpa mengganggu keindahan pemandangan alam Norwegia​​.

4.Toilet Origami, Hiroshima Park, Jepang

Sumber : www.blog.cheapism.com

Terinspirasi oleh seni lipat kertas tradisional Jepang, 17 toilet di Hiroshima Park ini memiliki desain berbentuk origami dengan lapisan cat mengkilap untuk pemeliharaan yang mudah. Desain ini tidak hanya fungsional dengan ventilasi udara yang baik tapi juga menambah nilai estetik pada fasilitas publik, menggabungkan keunikan budaya Jepang dengan inovasi arsitektural modern​​.

5.Toilet Transparan, Lausanne, Swiss

Sumber : Designcurial.com

Sebuah eksperimen sosial di Lausanne, Swiss, menghasilkan toilet transparan yang unik, dimana kaca LCD menjadi buram saat toilet digunakan. Inovasi ini menguji keberanian pengguna sekaligus menyediakan solusi keamanan dengan pintu yang otomatis terbuka jika pengguna tidak bergerak selama 10 menit, mencegah risiko jika ada yang pingsan di dalam​​.

6.The Tokyo Toilet Project, Shibuya, Tokyo

Sumber : tokyotoilet.jp

Inisiatif oleh The Nippon Foundation ini bertujuan untuk mengubah persepsi toilet umum di Jepang. Dengan melibatkan 16 arsitek dan desainer terkenal, termasuk pemenang Pritzker Prize, proyek ini menciptakan 17 toilet umum di Shibuya dengan desain yang sangat inovatif dan inklusif, menjadikannya salah satu atraksi utama di distrik tersebut. Toilet-toilet ini tidak hanya menawarkan kenyamanan dan kebersihan tapi juga menjadi pernyataan budaya dan desain​​.

Dengan berbagai permasalahan toilet umum, solusi toilet prefab muncul sebagai jawaban yang efektif. Toilet prefab, yang dapat dengan cepat dibangun dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan spesifik lokasi, menawarkan kemungkinan untuk mengatasi masalah kebersihan, keamanan, dan ketersediaan. Dengan desain yang modern dan bahan yang mudah dirawat, toilet prefab tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional tetapi juga estetik, memberikan solusi praktis untuk ruang publik. Toilet prefab ini sudah ada di Indonesia yang sudah dibangun oleh AMODA dengan produknya ErgaPods. Ciptakan toilet prefab penuh kenyamanan dengan ErgaPods.

Outlet Serba Bisa Untuk Segala Jenis Bisnis
Jangan Mulai Proyek Sebelum Siapkan Dokumen Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close My Cart
Close

Close
Navigation
Categories
[metaslider id="4480"]

[metaslider id="3994"]